KENAPA HARUS DILEMPAR? (Menguak Sebuah Sejarah)




Apanya sih yang di lempar? Tahu jumrah? Pasti tahu lah.... yang udah pergi  ke makkah pasti pernah lempar ini. Betul ? betull dong hahaha. Apa sih jumrah? Jumrah adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan para jamaah haji ketika sedang melaksana haji. Untuk apa sih melempar jumrah ini. Jumrah ini konon katanya dilakukan untuk melakukan perlawanan terhadap setan. Kenapa setan harus di lawan? Ya jelas kita harus sekali melawan setan. Kenapa begitu? Karena setan adalah salah satu makhluk yang diciptakan oleh allah untuk menyesatkan dan menjauhkan kita dari hal kebenaran.
Kisah perlawanan ini terjadi pada 4000 tahun yang lalu. Tepatnya 1870 masehi. Ketika nabi ibrahim mendapatkan sebuah perintah dari allah untuk menyembelih putranya yang bernama ismail. Ketika beliau sedang melaksanakan perintah itu, datanglah iblis yang bermaksud ingin menggoda ibrahim agar mengurungkan niatnya untuk menyembelih putranya. Namun ibrahim melawan iblis itu dengan keimanan dan ketakwaannya terhadap allah. Karena nabi ibrahim sangat tahu betul bahwa tabiatnya iblis hanyalah sebagai penggoda umat-umat manusia yang beriman kepada tuhannya.
Alhasil iblis tidak berhasil sama sekali menggoda ibrahim. Dan iblis tidak pernah kehabisan cara untuk menggoda umat manusia. Dia pun beralih menggoda ismail putra ibrahim. Karena dia menganggap bahwa iman putra nya masih rapuh.  Namun ia salah jika menganggap iman putra ibrahim itu rapuh. Karena nyatanya iman putranya sama seperti ayahnya. Ismail pun melakukan perlawanannya kepada iblis dengan keimanan dan ketakwaannya terhadap allah. Jadi apa kaitannya dengan jumrah? Kaitannya adalah ibrahim dan ismail melempari iblis itu dengan batu kerikil. Dan diabadikan sehingga sekarang menjadi lemparan jumrah aqabah. Saat itu allah pun bangga terhadap keluarga nabi ibrahim yang telah lulus menghadapi ujian allah yang satu ini.
Kesimpulan, melempar batu kerikil itu menjadi kewajiban bagi setiap jamaah haji yang datang ke sana. Sebagai wujud perlawanan terhadap iblis. Nahh bagaimana? Sudahkah membantu artikel ini? Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Semoga mendapat ilmu yang berfaedah. Terima kasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH ALLAH (MASJID TAN’IM)

LAUT MERAH

BEGINI CARA CEPATNYA