MANFAAT COKLAT


MANFAAT COKLAT


                Cokelat? Apa sih cokelat? Cokelat adalah sebuah makanan manis yang terbuat dari kakao bahasa ilmiah nya adalah(Theobroma cacao) dan si kakao ini pertama terlahir di daerah amazon utara sampai ke amerika tengah. Kereen yahh? Saya aja belum pernah ke sana. Tahu tidak? Cokelat ini bukan sembarang cokelat yang hanya kita tahu manisnya saja. Asal kalian tahu cokelat itu banyak sekali kegunaannya. Salah satunya untuk kesehatan tubuh kita ini karena Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan, cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah. Cokelat hitam kali ini sering sekali banyak orang yang mempromosikan karena cokelat hitam ini menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Tapi terkadang para wanita sering salah manafsirkan kegunaan si cokelat. Mereka bilang, makan cokelat tambah gendut lah, gigi berlubang, bla...bla..bla.  padahal bisa kita teliti lagi, jika berat badan anda bertambah gara-gara makan cokelat itu mungkin karena anda memakan nya secara berlebihan,betul tidak? Entahlah, itu kembali lagi kepada diri anda sendiri. Lalu gigi berlubang, ketika anda menyuakai hal yang manis-manis seperti cokelat. Anda jarang merawat gigi? Seperti menggosok gigi, ya jelas gigi anda akan berlubang yah. Jadi jangan pernah salahkan apa yang kalian masukan ke dalam mulut, tapi belajarlah dalam mengatur segalanya sesuai dengan kebutuhan anda. Karena kita selalu sibuk dengan menyalah-nyalahkan si cokelat, hingga kita tidak menyadari zat yang terkandung dalam cokelat. Tahu apa itu? Zat-zat yang terkandung dalam coklat adalah       :
  • 14% kandungan karbohidrat
  • 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin)
  • 31% lemak
  • zat-zat lain, seperti  alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit)
zat yang terkandung dalam cokelat yang beragam ini yang membuat cokelat baik untuk dikonsumsi dan baik juga untuk kesehatan kita.
Cokelat memang makanan sederhana, tapi jika kita tahu manfaatnya. Nyesel kalian yang pernah bikin sakit hati cokelat. Begini manfaatnya  :
1.     Mengatasi diare
Obat diare yang kita tahu hanya terdapat didalam manfaat daun jambu biji. Asal kalian tahu budaya Amerika Selatan dan Eropa sejak abad ke-16, memberikan pengobatan diare dengan kakao. Dan  hal ini kemabali diperkuat oleh penelitian Ilmu pengetahuan modern. Para ilmuwan di Rumah Sakit Anak Oakland Research Institute menemukan bahwa flavonoid di dalam kakao, akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan dalam usus kecil dan berpotensi menghentikan diare.
2.    Menurunkan berat badan
Naahhh untuk kaum wanita yang selalu menyalahkan coklat sebagai penambah berat badan, kalian salah besar. Justru cokelat bisa membantu anda untuk menurunkan berat badan. Contohnya kandungan yang terdapat dalam cokelat hitam. Dia bisa membantu menurunkan berat badan.
3.    Mengurangi resiko serangan jantung
Serangan jantung terjadi karena pembekuan trombosit. Dan bagi mereka yang suka memakan cokelat hitam, akan mengurangi resiko serangan jantung sebesar 50%.
4.    Proteksi sinar matahari
Proteksi terhadap sinar matahari ini telah dilakukan penelitiannya oleh peneliti London mengenai kandungan flavanol. Pengujian dilakukan selama 3 bulan dengan mengkonsumsi coklat, yakni mengembangkan bahwa efek memerah yang menunjukkan awal luka bakar. Namun coklat yang rendah flavanolnya tidak mendapatkan perlindungan matahari yang sama.
5.    Mempengaruhi peningkatan aliran darah
Terkait penelitian di atas, ditemukan juga hasil tekanan darah sistolik (angka pertama dalam pembacaan tekanan darah), diukur setiap hari dan juga menjadi lebih rendah pada kelompok makan coklat hitam. Kandungan zat flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan alami dari coklat. Antioksidan yang sama ini juga terdapat pada manfaat anggur.
Bagaimana? Luar biasa kan manfaat yang terkandung di dalam cokelat. Semoga info ini bisa membuka mata kalian agar tidak menyalahkan si cokelat lagi dengan masalah berat badan kalian atau yang lainnya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUMAH ALLAH (MASJID TAN’IM)

LAUT MERAH

BEGINI CARA CEPATNYA